Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Kuis

Jawablah pertanyaan kuis ini dengan tepat!

  1. Kegiatan apakah aku?

    • Aku terdiri dua orang atau lebih.
    • Aku biasa membahas suatu masalah.
    • Aku ditayangkan pada televisi/radio.
    • Aku terdiri dari nara sumber dan presenter.
    • Aku biasanya membicarakan berita hangat.


    Ketikkan jawabanmu :

  2. Perhatikan dialog interaktif berikut ini kemudian jawablah pertanyaan berikut dengan cara memasangkan pernyataan di sebelah kiri dengan pernyataan di sebelah kanan!


Kampanye Mencegah Penyebaran Flu Burung di Indonesia


Fatir : Mengapa pemerintah begitu gencar melakukan program pendeteksian penyakit flu burung, Dok?

Dokter : Karena sudah dipandang mendesak, maka program deteksi dini ini harus dilakukan. Saya menyatakan perang terhadap wabah flu burung. Masyarakat kami minta untuk berpartisipasi dalam program ini karena wabah flu burung ini makin pendek masa kejangkitannya hingga perlu dilaksanakan deteksi dini untuk mencegah penyebarannya.

Fatir : Virus flu burung ini penyeberannya melalui binatang unggas. Apa usaha yang dilakukan oleh pemerintah khususnya Menteri Pertanian, Dok?

Dokter : Menteri Pertanian, Anton Apriyantono telah mencanangkan kampanye pencegahan penyebaran virus flu burung. Indonesia memang layak menyatakan perang terhadap flu burung karena berada di peringkat kedua dunia mengenai jumlah kematian akibat flu yang mematikan ini.

Fatir : Sudah berapa orang yang menjadi korban dalam hal ini, khususnya di Jakarta, Dok?

Dokter : Tidak kurang dari 20 orang dilaporkan tewas akibat virus ini dengan angka kejangkitan yang semakin pendek. Di Jakarta, jumlah orang yang tewas akibat virus pada tahun 2005 adalah enam orang setelah 47 orang dirawat karena diduga mengidap flu burung. Sementara itu, pada dua bulan pertama tahun ini, mereka yang diduga mengidap penyakit itu berjumlah 12 orang dan dari jumlah itu 2 orang meninggal dunia.

Fatir : Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso begitu cepat mengambil langkah-langkah dalam hal ini. Usaha apa saja yang beliau lakukan, Dok?

Dokter : Kebetulan saya ikut dalam hal ini. Jadi saya tahu betul apa yang beliau lakukan. Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso mengerahkan enam ratus orang untuk melakukan pengecekan dari door to door. Kita mengerahkan enam ratus orang untuk melakukan deteksi dini secara door to door dari rumah ke rumah untuk memeriksa seluruh unggas yang ada di ibu kota ini. Beliau meminta partisipasi masyarakat terhadap program ini karena nyawa manusia lebih berharga ketimbang mempertahankan unggas yang sakit. Unggas akan dimusnahkan jika terbukti terjangkit virus flu burung, termasuk jenis unggas burung berkicau.

Fatir : Enam ratus orang ini dari unsur apa saja, Dok?

Dokter : Enam ratus petugas ini terdiri dari relawan, petugas PMI dan didampingi dokter hewan melakukan pengecekan door to door di seluruh penjuru Jakarta. Mereka juga dikawal oleh petugas keamanan, ketua RT, dan RW setempat.

Fatir : Bagaimana cara kerja para petugas ini dalam hal ini, Dok?

Dokter : Kami memeriksa unggas dari rumah ke rumah didampingi dokter hewan dan aparat lingkungan seperti RT dan RW. Jika ada unggas yang terjangkit akan dikumpulkan terlebih dahulu disatu tempat untuk kemudian dimusnahkan dengan disaksikan penduduk setempat.

Fatir : Bagaimana jika ada warga yang menolak, Dok?

Dokter : Kita sudah melakukan sosialisasi program ini dan kami yakin warga sudah mendapat pengertian. Contohnya, para petugas terlebih dahulu memeriksa keberadaan virus flu burung. Jika terbukti unggas tersebut terjangkiti virus flu burung maka pemusnahan unggas itu harus dilakukan. Nyawa manusia kan lebih berharga daripada unggas.

Fatir : Kalau burung di pasar ini terjangkit flu burung bagaimana, Dok?

Dokter : Jika memang terjadi, maka kita akan teliti mengapa bisa demikian.

Fatir : Bagaimana dengan ganti rugi sepuluh ribu? Inikan terlalu rendah, karena harga burung-burung di sini rata-rata jauh di atas sepuluh ribu.

Dokter : Ya kita dari pemerintah menegaskan bahwa uang sepuluh ribu itu bukan ganti rugi atau kompensasi. Ingat wabah flu burung ini hanya bisa ditanggulangi melalui upaya bersama. Ibarat orang sakit pergi ke dokter dan harus bayar periksa dokternya. Tidak ada orang yang sakit dibayar untuk pergi ke dokter kecuali untuk golongan miskin yang masuk dalam program pemerintah.

Fatir : Baik, Dok! Terima kasih atas penjelasannya semoga virus flu burung ini segera dapat diatasi.

Februari, 27, 2006


Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]