Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Dampak Positif Globalisasi

Globalisasi merupakan proses yang mendunia, jika di belahan dunia/negara satu terjadi/berkembang sesuatu maka di belahan dunia/negara yang lain ikut berkembang. Derasnya arus globalisasi membawa dampak positif dan negatif dalam kehidupan.

Dampak positif globalisasi dalam kehidupan di segala bidang

  1. Bidang transportasi

  2. Teknologi trasportasi dari tahun ketahun terus berkembang sesuai kecanggihan teknologi dan kebutuhan manusia. Manfaat dari berkembangnya teknologi transportasi dapat mempercepat dan mempermudah aktivitas manusia dalam perjalanan jauh atau sampai daerah yang tidak terjangkau, bahkan setiap orang dapat berpergiaan keluar negeri untuk tujuan berwisata ataupun bekerja ke luar negeri.



  3. Bidang Komunikasi dan Informasi

  4. Sebelum globalisasi berkembang, masyarakat melakukan komunikasi dengan telepon, surat, faximili dan media yang lain, Setelah globalisasi berkembang muncul teknologi informasi dan komunikasi yang cepat dan praktis, membuat informasi dan komunikasi dapat dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Bahkan sekarang alat komunikasi dan informasi menjadi satu alat, masyarakat dapat berkomunikasi sekaligus dapat mencari informasi melalui internet.



  5. Bidang Ekonomi

  6. Berkembangnya globalisasi membuat para perusahaan terdorong untuk menanamkan modalnya di beberapa negara, terutama di negara berkembang yang mempunyai banyak tenaga kerja. Masuknya investor asing ke Indonesia untuk membuka perusahaan dan ikut serta dalam pembangunan sehingga tercipta lapangan pekerjaan untuk warga yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat. Munculnya peluang pasar produk eksport dan import mengakibatkan masyarakat dapat menikmati atau membeli suatu barang yang tidak diproduksi di dalam negeri. Adanya produk asing juga memotivasi perusahaan lokal untuk meningkatkan kualitas produk dalam negeri agar tidak kalah bersaing dengan produk luar negeri.



  7. Bidang Sosial

  8. Dengan adanya globalisasi tumbuh perasaan kekeluargaan, kepedulian dan toleransi antar negara di dunia, sehingga terjadi hubungan kerja sama dengan negara lain yang menciptakan saling menghormati dan tolong menolong ketika suatu negara terjadi musibah bencana alam.



  9. Bidang Budaya

  10. Bangsa Indonesia dapat meniru budaya asing yang positif salah satunya adalah menghargai waktu sehingga muncul sikap etos kerja yang tinggi dan disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada waktu terbuang tetapi waktu dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal positif. Bangsa yang maju adalah bangsa yang masyarakatnya disiplin dan dapat menghargai waktu.



  11. Bidang Politik

  12. Berkembang globalisasi berkembang pula budaya demokrasi. Pemerintahan di Indonesia menjadi lebih demokratis, kepemimpinan nasional sudah dibatasi baik waktu maupun kekuasaannya, asas pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sudah dilaksanakan dengan baik. Masyarakat juga bebas menyalurkan aspirasi dengan menyampaikan pendapat dan mengkritik kebijakan pemerintah di depan umum, salah satunya dengan cara berdemonstrasi yang bertanggung jawab sehingga kebijakan yang diambil pemerintah menjadi transparan dan akuntabilitas (terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu juga pemerintah sudah melindungi hak asasi manusia.



  13. Bidang hukum dan keamanan

  14. Berkembangnya globalisasi ditandai juga dengan berkembangnya hubungan internasional di segala bidang, termasuk bidang hukum dan keamanan. Adanya hubungan internasional tersebut, negara saling bekerja sama dalam memberantas kejahatan terorisme, narkoba dan korupsi. Sehingga kejahatan lintas negara, berskala internasional dan professional dapat dengan mudah diberantas.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]