Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Mengenal Gurun


Dalam bidang geografi, gurun, padang gurun atau padang pasir adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit, yakni kurang dari 250 mm per tahun. Gurun dianggap memiliki kemampuan yang rendah untuk mendukung kehidupan. Jika dibandingkan dengan wilayah yang lebih basah hal tersebut mungkin benar, akan tetapi jika diamati secara seksama, ternyata gurun sering kali memiliki kehidupan yang biasanya tersembunyi (khususnya pada siang hari). Kenyataan tersebut merupakan sesuatu yang penting bagi hewan gurun terutama untuk mempertahankan cairan tubuh.

Gurun meliputi kurang lebih sepertiga wilayah bumi. Bentang alam gurun memiliki beberapa ciri umum, antara lain sebagian besar terdiri atas permukaan batu karang, bukit pasir yang disebut erg, dan permukaan berbatu yang merupakan bagian pembentuk lain dari gurun. Gurun memiliki kandungan cadangan mineral berharga yang terbentuk di lingkungan kering atau terpapar erosi. Keringnya wilayah gurun menjadikannya sebagai tempat yang ideal untuk pengawetan alami benda-benda peninggalan sejarah dan fosil.


Gurun-gurun di dunia dan kekuatan utama penyebabnya dapat dilihat pada gambar. Pada umumnya daerah gersang ini terletak dalam daerah sempit di khatulistiwa. Di daerah ini angin utama menjadi panas dan menyerap air. Di sepanjang pinggiran barat benua, angin yang menyebabkan turunnya hujan lebat di daerah garis lintang lainnya kehilangan air karena didinginkan oleh arus samudera besar yang dingin, atau melepaskan air dalam bentuk salju atau hujan bila angin tersebut naik melalui pegunungan pantai yang tinggi. Gurun terdapat juga di daerah dengan keteduhan pegunungan atau jauh masuk ke dalam pedalaman benua. Biasanya, angin telah kehilangan sebagian besar kelembabannya sebelum mencapai daerah gersang tersebut.

Berikut ini merupakan ilustrasi curah hujan rata-rata tiap tahun pada lima daerah yang iklimnya berbeda-beda di seluruh dunia. Tiap tetes nilainya sama dengan hujan 50 mm. Angka ini berdasarkan rata-rata yang dihimpun dalam beberapa tahun.


Pada siang hari daerah gurun menyerap panas lebih banyak daripada daerah lembab. Gurun menerima 90% radiasi matahari yang memanaskan tanah dan lapisan udara yang lebih rendah. Hanya 10% dari radiasi sinar matahari yang dipantulkan oleh butiran-butiran debu dan awan.

Pada malam hari udara gurun menjadi dingin sedangkan kawasan lembab tetap bersuhu sedang. Gurun, di malam hari melepaskan 100% panas yang terkumpul di siang harinya, yang 90% dilepaskan ke lapisan udara yang lebih tinggi, dan hanya 10% dari panas tadi yang dikembalikan ke bawah oleh butiran-butiran debu di udara.

Bukit pasir di gurun panjangnya mencapai beberapa kilometer dan tingginya mencapai 150 meter. Pembentukan bukit pasir tergantung kepada besarnya angin, jumlah pasir dan rintangannya (misalnya tumbuhan atau karang). Walaupun bukit pasir menjadi lambang gurun itu sendiri, tetapi luasnya hanya meliputi 10% dari keseluruhan luas gurun. Di gurun terdapat kubangan air yang sering menjadi tempat berkumpulnya hewan gurun. Dinding-dinding batu pasir yang terbakar matahari tampak menjulang di bagian wilayah gurun lainnya. Bukit-bukit batu karang yang merupakan dasar lautan yang mengering selama jutaan tahun yang lalu juga merupakan pemandangan lain keadaan gurun.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]