Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Eksekusi Program

Prosesor dari sebuah komputer hanya dapat mengeksekusi program yang menggunakan instruksi-instruksi yang dapat dikenalinya. Instruksi-instruksi tersebut adalah instruksi mesin. Instruksi mesin ini berupa kode-kode biner.

Bagaimana program dieksekusi?
Semua bahasa pemrograman, baik bahasa assembler maupun bahasa tingkat tinggi yang digunakan akan dirubah menjadi bentuk kode biner oleh sebuah compiler yang biasanya sudah tersedia dalam sebuah bahasa pemrograman, kemudian disimpan dalam memori program.

Address
(hex)

Kode Biner

2000

00111110

2001

10110100

2002

00101111

2003

00110010

2004

00000000

2005

00100001

2006

01110110

2007

-

-

-

-

-



Listing memori program

Address
(hex)

Op Code
(hex)

Mnemonic

Operand

Uraian


2000
2001
2002
2003
2004
2005
2006


3E
B4
2F
32
00
21
76


MVI

CMA
STA


HLT

A, B4H


2100H


Isi akumulator dengan data B4
komplemen isi akumulator
simpan hasil di alamat memori 2100H

berhenti.



Kode Biner ASCII
(American Standart Code for Information Interchange)


Karakter

ASCII

Karakter

ASCII

Space
!
"
£
$
%
&
'
(
)
*
+
,
-
.
/
0
1
2
3
4
5
6
7
8
9

010 0000
010 0001
010 0010
010 0011
010 0100
010 0101
010 0110
010 0111
010 1000
010 1001
010 1010
010 1011
010 1100
010 1101
010 1110<
010 1111
011 0000
011 0001
011 0010
011 0011
011 0100
011 0101
011 0110
011 0111
011 1000
011 1001

A
B
C
D
E
F
G
H
I
J
K
L
M
N
O
P
Q
R
S
T
U
V
W
X
Y
Z

100 0001
100 0010
100 0011
100 0100
100 0101
100 0110
100 0111
100 1000
100 1001
100 1010
100 1011
100 1100
100 1101
100 1110
100 1111
101 0000
101 0001
101 0010
101 0011
101 0100
101 0101
101 0110
101 0111
101 1000
101 1001
101 1010



Tabel Instruksi Set

JENIS

OPERASI

URAIAN

Transfer
data


Move
Store
Load
Exchange
Clear
Set
Push
Pop


Memindah data dari sumber ke tujuan
Memindah data dari prosesor ke memori
Memindah data dari memori ke prosesor
Menukar data sumber dengan data tujuan
Memindah data 0 ke tujuan
Memindah data 1 ke tujuan
Memindah data dari sumber ke bagian paling atas stack
Memindah data dari bagian paling atas stack ke tujuan

Aritmatika


Add
Substract
Multiply
Divide
Absolute
Negate
Increment
Decrement


Menghitung jumlah dua buah operand
Menghitung pengurangan dua buah operand
Menghitung perkalian dua buah operand
Menghitung pembagian dua buah operand
Mengganti operand dengan nilai absolutnya
Mengganti tanda operand
Menambah 1 ke operand
Mengurang 1 ke operand

Logika


And
Or
Not
Exclusive-Or
Test
Compare
Shift
Rotate


Melakukan operasi logika terhadap bit
Meiakukan operasi logika terhadap bit
Melakukan operasi logika terhadap bit
Melakukan operasi logika terhadap bit
Menguji kondisi tertentu; setting flag berdasarkan hasil
Membandingkan logika atau aritmatika dua buah operand
Menggeser bit ke kanan/kiri
Menggeser ke kanan/kiri dengan ujung terjalin


Pemindahan
kontrol


Jump
Jump Bersyarat
Jump ke Subrutine
Return
Execute
Halt
Wait
No Operation


Pemindahan tanpa syarat
Pemindahan dengan syarat
Melompat ke program lain diluar program utama
Kembali ke program utama, biasanya akhir dari subrutine
Mengambil operand dari lokasi tertentu dan mengeksekusi
Menghentikan eksekusi program
Hentikan eksekusi, lanjutkan program bila syarat terpenuhi
Tidak ada operasi tapi eksekusi jalan terus

Input/
output


Input (Read)
Output(Write)
Start I/O
Test I/O


Memindah data dari perangkat I/O ke alamat tertentu
Mengirim data dari sumber tertentu ke perangkat I/O
Pindah instruski ke prosesor I/O u/ awali operasi I/O
Mengirim status dari sistem I/O ke tujuan tertentu






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]